kemana uang yang hilang ?

di suatu forum matematika ada yang bertanya seperti ini
(tapi saya ganti namanya biar keren ^^v )

Ada seorang anak, anggap aja namanya Hervind. Dia pengen beli sate, harganya 17.000. Tapi Hervind nggak punya uang. Lalu dia ngutang ke temannya, Edwin dan Elvindo. Utang ke Edwin 10.000 dan ke Elvindo juga 10.000. akhirnya dia bayar uang sebesar 20.000 ke tukang sate, kembaliannya 3.000. Untuk mengurangi besarnya hutang, Hervind bayar utangnya ke Edwin 1.000, ke Elvindo juga 1.000. Kini uangnya tinggal 1.000. Jadi sekarang utangnya ke Edwin 9.000 dan ke Elvindo juga 9.000. Kalo dijumlahkan uangnya ada 9.000+9.000+1.000=19.000.
Pertanyaannya, uang yang 1.000 lagi kemana?

dari cerita ini kita tau bahwa hervind itu kere ^^ *ga penting*

nah dari pertanyaan itu kita fokus kepada uang 1.000
dan langsung berkata , “oh iya yah”

sebenarnya ada yang keliru pada kalimat ini:
Kalo dijumlahkan uangnya ada 9000 + 9000+ 1000 = 19000.

kenapa uang nya di jumlahkan ?
padahal 9000+9000 adalah jumlah utang nya Hervind
dan 1000 adalah uang yg sedang dimiliki oleh hervind

sebenarnya yang lebih tepat adalah
9000 + 9000 – 1000 = 17000
“loh kenapa di kurang???”

angka 17000 adalah harga seporsi sate yang telah Hervind beli ,
dan juga jumlah uang yang harus di peroleh Hervind untuk membayar utang.
kita terfokus pada uang 20.000 padahal itu sudah tidak perlu lagi .
uang yang dimiliki Hervind sekarang adalah 1000 maka harus di kurang karena hervind harus mencari 17.000 lagi untuk membayar utang.

misalkan , skarang ada uang jatuh dari langit sebesar 17.000 , sehingga uang Hervind sekarang ada 17.000 + 1000 = 18.000
maka rumus nya 9000 + 9000 – 18000 = 0
jika hasil nya 0 maka utang nya hervind sudah lunas

mungkin masih ada yang bingung
mari kita putar pikiran 180 drajat
kita ubah ceritanya sedikit
setelah dapat kembalian , hervind memberikan 1.500 rupiah ke Edwin dan 1.500 rupiah ke elvindo
maka utang hervind kepada elvindo adalah 8.500 dan kepada edwin 8.500 juga. dan uang yang dimiliki hervind skarang adalah 0 rupiah
sehingga rumus yg terbentuk adalah
8500 + 8500 – 0 = 17000
kembali lagi yg udah ane bilang , 17000 itu adalah uang yang harus di peroleh Hervind untuk membayar utang
supaya utang nya lunas , maka hervind harus mendapatkan 17000 lagi (harga 1 porsi sate)

nah demikian lah maksud ane , jadi jgn terkecoh dengan 20000 tpi ketahuilah apa arti dari sebuah angka
setelah panjang lebar , pertanyaan utama memang belum terjawab dan ane rasa ga perlu di jawab lagi ^^

rumus tanggal lahir

saat kenalan sama orang , yg pertama pasti tanya nama dan lama lama tanya tangal lahir .
supaya lbh keren tanya nya pake rumus aja
pertama” suruh orang tersebut menghitung rumus ini (pasti banyak yg ga mau )

  1. tanggal lahirnya di X 4
  2. + 13
  3. X25
  4. -200
  5. +bulan lahir
  6. X2
  7. -40
  8. X50
  9. + tahun kelahiran 2 digit trakhir
  10. setelah dia hitung dan kasi tau hasilnya
    di kurangi 10500 nanti akan dapat hasilnya yg berupa tanggal
    ingat jangan kasi tau kuncinya yaitu saat hasilnya di kurangi 10500

ternyata 9+9 bisa jadi 6

kalo 9 + 9 = 18 itu benar

tapi  9 + 9 juga bisa jadi 6

kenapa???

di jelaskan dengan cerita aja

budi ingin berangkat dari jakarta ke surabaya

bila dia berangkat jam 9 pagi

dan waktu yg di tempuh adalah 9 jam

jadi di jumlahkan = 18

jam 18 itu kan jam 6 malam

jadi bisa di katakan 9+9 = 6

memang aneh tapi ini faktanya

bisa juga 7+7 = 2

8+11 =7

🙂

sebuah teka teki yg sederhana tapi terlihat susah

kira kira angka yg di kali 9 = bilangan bulat ,kalo di kali 3 = bukan bilangan bulat

akan saya ceritakan sebentar

ada satu pengalaman saya di kelas pas pelajaran matematika

waktu itu sedang ulangan peluang

trus ada perkaliaan antar pecahan

trus tiba tiba saya dapet ide tentang sebuah teka teki

bila 1/9 di kali 9 = 1

tapi kalo 3 di kali 1/9 = 1/3

kalo 1 itu kan bilangan bulat , kalo 1/3 bukan bilangan bulat

trus terbayang deh sebuah teka tekiyg kya di atas

jd jawabannya 1/9

bisa aja 2/9  dan bnyak lagi

di kelas w tanya ke temen temen dan guru matematika tak ada yg bisa jwb

hha

salam hervind