xy = x/y = x-y

seperti yg sudah saya tulis di judul , 2 hari lalu saya menemukan soal seperti ini
mungkin soal ini udah “klasik” tapi ini menarik loh

hitunglah x+y jika xy = \frac{x}{y} = x-y
dengan ketentuan x dan y bukan 0

pertama” saya pikir jawaban nya itu berupa variabel juga , tapi ternyata angka”
nah dari sini saya bingung setelah di pangkat , di akar dan di panjang panjang kan malah tambah bingung 😀

aku minta bantuan ke teman yang pintar dalam waktu 4 jam sudah ketemu tapi menggunakan cara coba” .
saya tanya cara kerja nya dan dia hanya bilang ” gw memutar cara kerja otak gw 180 drajat”

dari jawaban yg dia dapatkan dan kata”nya baru bisa saya simpulkan bahwa soal ini gak harus di hitung , tapi dengan cara yang di sebut oleh orang jago metematika adalah nalar
Baca lebih lanjut

Iklan

eliminasi subtitusi

ada sebuah soal yg mudah tapi di kemas dalam bentuk yg rumit

di sebuah perang yg jaman dahulu (masih dengan kuda)
terdiri dari pasukan dari pasukan berkuda ( orang + kuda ) dan pasukan infrantri yg tak berkuda

diketahui
jumlah orang dan kudanya ada 26
dan jumlah kaki yg ada di perang itu sejumlah 74
kuda lambangnya “k”
orang lambanya “m”

yg ditanya berapa banyak pasukan berkuda
dan berapa banyak pasukan infrantry

caranya ada 2
yg mudahnya

k+m=26
4k+2m = 74 (4 dari jumlah kaki kuda dan 2 dari jumlah kaki manusia)
bikin pengurangan sampai mendapatkan satu bukti contoh aja

k+m=26
= 2k+2m=52

pengurangan nya secara menurun

4k+2m = 74
2k+2m = 52
___________ –
2k+o = 22

jadi bisa di simpulkan
2k = 22
k = 11
kudanya ada 11
dan manusianya udah pasti ketahuan
m = 26 – 11 = 15

jadi pasukan berkudanya ada 11
pasukan infrantry nya ada 4

kalo cara ke 2 pake logika , insting patokan dll
agak susah kalo bisa nguasainya , bisa lbh cepet kerjainnya

cooming soon deh
jelasinya susah

jempol tangan sebagai variabel dan 4 jari lain nya sebagai konstanta

sedikit tentang variabel

variabel adalah besaran matematika yg dapat berubah nilai nya / tidak konstan

contoh sedikit deh

kalau 2a = 2 dikali a

a/4  = a di kali 1/4

variabel seperti pengganti dari beberapa oprasi

dan tanpa oprasi penghitungan atau pun variabel , angka tersebut tak kan hidup

pasti berjumlah itu itu mulu

nah kalo hubungan nya dengan jari

tanpa jari jempol kita tak kan bisa leluasa memain kan jari / menggenggam

jari yg lain itu di sebut tetap karna jika salah satu jari hilang tak kan pengaruh banyak

contoh dehperumpamaan aja

jempol lambang nya = a

telunjuk = 2 , tengah = 4 manis = 1 dan kelingking = 3

bila di gabungkan semua  2 x 4 x 1 x 3 x a = 24a

variabel kan bisa di ganti ganti angap aja a = 5 (24×5 = 120)

jika jari kelingking hilang

jadi nya 8a untuk menjadikan lagi hasilnya 120 variabel nya kita ubah menjadi a = 15

jadi 8 x 15 = 120 beres kan ??

misalkan jempolnya ga ada

tak akan ada jari yg bisa menggantikan jempol karna jari lain konstanta / tetap

jika jempol hilang hasil nya akan tetap 24 atau 12 atau 8 atau 6 atau 4 atau 3 atau 2 atau 1

sesuai dengan perkalian keempat jari tersebut

kaitan nya sedikit di matematika??

cobalah dalam kehidupan sehari hari

selisih dari angka angka kuadrat

angka angka kuadrat memiliki selisih yg unik , sebelum itu lihat dulu selisih dari angka yg berbeda 1

contoh

14X15 = 210 ,diketahui 142=196 dan 152=225

selisih dari 152 dgn 14X15 = 15 dan selisih dari 142 dgn 14X15 = 14

berarti selisih dari 152 Dengan 142 adalah 29

29 itu dapatnya dari penjumlahan bilangan yg di kuadratkan itu sendiri yaitu 14 dan 15

Jadi selisih

162 dgn 172 = (17+16)

232 dgn 222 = (23+22)

Dan masih bnyk lagi

itu jika bilangan yg di kuadratkan selisih nya satu,kalo lbh dari satu gmn

ambil dari sebuah contoh

172 dgn 222 =?

172 = 289 , dan 232 =529

selisih nya adalah 240

ada yg tau 240 dari mana?

240 juga berasal dari 17 + 23

tapi setelah di jumlahkan 40 di kali dengan selisih dari 17 dan 23 , yaitu 6

jadi 40X6=240

 

kegunaan aljabar dalam mempermudah perkalian

Banyak yg menganggap aljabar itu materi yg membosankan MUNKIN!? Tapi dengan menggunakan aljabar kita bias mempermudah perkalian

Contoh:

46X54=

Bila di faktorkan

46 menjadi (50 – 4)

54 menjadi (50 + 4)

(50-4) (50+4)

= 502 – 42

= 2500 – 16

= 2484

Mungkin binggung dapat darimana 50 dan 4

50 dapat dari rata rata kedua bilangan dan

4 dapat dari selisih rata” terhadap bilangan

Cara ini berguna untuk semua macam perkalian bilangan bulat walaupun rata ratanya pecahan .

Silahkan mencoba

23X21

88X89