xy = x/y = x-y

seperti yg sudah saya tulis di judul , 2 hari lalu saya menemukan soal seperti ini
mungkin soal ini udah “klasik” tapi ini menarik loh

hitunglah x+y jika xy = \frac{x}{y} = x-y
dengan ketentuan x dan y bukan 0

pertama” saya pikir jawaban nya itu berupa variabel juga , tapi ternyata angka”
nah dari sini saya bingung setelah di pangkat , di akar dan di panjang panjang kan malah tambah bingung๐Ÿ˜€

aku minta bantuan ke teman yang pintar dalam waktu 4 jam sudah ketemu tapi menggunakan cara coba” .
saya tanya cara kerja nya dan dia hanya bilang ” gw memutar cara kerja otak gw 180 drajat”

dari jawaban yg dia dapatkan dan kata”nya baru bisa saya simpulkan bahwa soal ini gak harus di hitung , tapi dengan cara yang di sebut oleh orang jago metematika adalah nalar

pertama” saya lihat persamaan yang ini xy = \frac{x}{y} ternyata y sudah bisa di simpulkan menjadi 2 kemungkinan yaitu -1 dan 1
karna berapapun angka nya kalau di kali 1 dan di bagi 1 hasil nya pasti sama
di sisi lain berapapun angka yang di kali -1 dan di bagi -1 hasilnya pasti sama

mari kita tes satu per satu
jika y  = 1 maka xy = x-y
x(1) = x-1
x = x-1
1 = x-x
1 = 0 hal ini menunjukan bahwa y = 1 itu salah

jika y = -1 maka xy = x-y
x(-1) = x-1
-x = x+1
-1 = x+x
-1 = 2x
x = -\frac{1}{2} atau x = (-0,5)

dari penghitungan di atas telah di dapatkan x = -\frac{1}{2} dan y = -1
sebelum menyimpulkan jawaban nya , lebih baik kita mencocokan nya dulu

xy = \frac{x}{y} = x-y
(-0,5).(-1) = \frac{(-0,5)}{(-1)} = (-0,5)-(-1)
0,5 = 0,5 = (-0,5)+1
0,5 = 0,5 = 0,5
ternyata cocok
AMAZING !!!!
jadi x + y =  (-0,5)+(-1) = (-1,5)

8 thoughts on “xy = x/y = x-y

  1. Lebih tepatnya cara pikir saya adalah dengan filter…
    pertama saya selesaikan masalah xy=x/y, diselesaikan dengan mudah… saya berpikir kalau misalnya x dan y nya bilangan bulat selain 1 dan jauh dari 0 pasti gak selesai selesai. saya putuskan ganti y jadi 1, dan x yang cocok didapat 1/2.
    Sekarang masalah x-y.. saya berpikir lagi.. ini berarti tanda operasinya harus diubah, yaitu dengan mengganti keduanya dengan bilangan negatif. didapat x=-0,5 dan y=-1.
    note: bukan 4 jam… saya kerjanya kurang lebih 3,5 jam setelah di SMS Hervind, jadi saya kerja cuma 15 menit…๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

  2. Yah soal ini masih kategori mudah… gak kayak yang tentang bilangan prima.. sampai harus pake mesin hitungnya.. :lol2:

    klo ada aljabar yang sulit,post aj di FB gw…

    –Anton

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s