oprasi dasar matematika

sejenak kembali lagi ke sd

oprasi dalam matematika yg dasar meliputi

+ – x / ^ akar (tambah kurang kali bagi pangkat akar)

ke 6 lambang tersebut di kelompokan menjadi 3 yaitu

kelompok yg paling tinggi adalah pangkat dan akar

kelompok kedua adalah kali dan bagi ( x & / )

kelompok terendah adalah tambah dan kurang ( + & – )

tujuan dari pengempokan tersebut adalah untuk mengguanakn kelompok yg tertinggi yg ada dahulu

contoh

2 + 3 x 5 = ….

bila menggunakan kalkulator hasil nya pasti 25

tapi seharus nya jwabn nya 17

karena yg pertama kali di hitung adalah 3x 5

coba tes lagi

9 x 6 – 18 / 3 ^2

kalo di hitung pake kalkulator hasil nya 144

tapi kalo menggunakan prosedur yg berlaku

pertama 3^2 = 9

54 – 2 = 52

itu tentang pengelompokan

beralih ke pola oprasi

sekarang bahas tentang perkalian

positive x positive = positive

negative x positive = negative

negative x negative = positive

seperti persilangan di biologi , positif menjadi dominan dan negative menjadi resesif

hal yg tersebut mutlak dan tak bisa berubah

dalam hal ganjil dan genap

genap x genap = genap

ganjil x genap = genap

ganjil x ganjil = ganjil

genap lbh dominan

yg agak penting lagi

1 – (-2) = 1 + 2 = 3

sebenaranya masih banyk sekali pola oprasi pengitungan

2 thoughts on “oprasi dasar matematika

  1. Hervind coba semua anak Indonesia mau tekun belajar matematika seperti kamu, nggak ada deh ceritanya nolak UN krn takut tdk lulus! Thanks ya kamu sdh membuat matematika yg ruwet jadi mudah dipahami. Ajaib aku baca artikelmu sekilas saja paham! Tulis dong buku matematika, atau tulisan-tulisan di blogmu diterbitkan jadi buku. Aku pikir penerbit mau kok menerbitkan. Coba ya! Good Luck!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s