cara mudah menghitung pangkat dua

ada cara mudah melakukan perpangkatan

cara ini berlaku untuk semua angka

rumusnya:
(angka yg di kuadratkan + satuannya) X puluhan X 10 + satuan^2
keterangan puluhan itu bisa termasuk ratusan

contoh 752 yg di anggap puluhan pada rumus ini adalah 75

mungkin masih bingung

ambil contoh saja

23^2 = ( 23 + 3) X 2 X 10 + 32 =

23^2 = 26 X 2 X 10 + 9

23^2 = 520 + 9

23^2 = 529

efektif sekali bila menghitungnya tanpa kertas ( diluar kepala )

dalam matematik untuk membuktikan rumus tak cukup hnya sekali percobaan

ambil contoh lagi

108^2 = (108 + 8 ) X 10 X 10 + 82 =

108^2 = 116 X 100 + 64

108^2 = 11600 + 64

108^2 = 11664

rumus ini bisa menghitung perpangkatan berapa saja angka yg berjuta juta jg bisa

smga rumus ini berguna ^^

coba lah menghitung angka berikut dengan cara ini

1006^2 =

255^2 =

48^2 =

About these ads

19 thoughts on “cara mudah menghitung pangkat dua

  1. Koreksi judul:

    Mestinya: Cara Mudah Menghitung Bilangan Pangkat dua
    =========================================
    pangkat? (pangkat 2, pangkat 3 dst…)
    =========================================

    Karena: Rumus tsb tiga bisa menghitung bilangan pangkat 3 dst…

    Coba hitung : 25^3 atau 25^4 …???

    • thx ya sarannya
      tapi saya biasa nya menggunakan sperti itu
      itu ud jd kebiasaan jd maap ya
      kebiasaan yg buruk sih

      hmm kalau akar2 kan disebut “akar”
      jadi pangkat2 boleh donk di sebut “pangkat”
      hmm sekira nya bgtu lah
      aku salah , akan di ubah kok hha :lol:

    • rumusnya kan ini

      (angka yg di kuadratkan + satuannya) X puluhan X 10 + satuan^2

      jika ada angka yg ini 1205^2
      berarti puluhan nya 120 (diambil dari puluhan ratusan dan seterusnya )

      jadi kalau mengerjakan nya

      1205^2 = (1205 + 5) X 120 X 10 + 5^2
      1205^2 = 1210 X 120 X 10 +25
      1205^2 = 1452000 + 25
      1205^2 = 1452025

      yah bgu lah agak rumit
      jika di pahami pasti mudah

  2. Hi…aku kelas 7…tpi belum hapal pangkat 2…repot ngapalin…+males..hehe…wih…klo pke cara itu kira kira berapa detik ya..??

  3. bguuez jga nich cra……………………..
    crax bza quew pke un nich…………….
    thankz yacch Mr.google………………

  4. Keren! Terimakasih yaa… Bagus banget deh caranya, cuma kalo buat ngitung 50 ke atas tetep aja agak susah –” Tapi membantu banget kok thankyou thankyou

  5. cr ini bgus jg, thanks ya buat sy jd th lbih banx tntng pangkt. Tp pernh sy dpetin soal kyk ini : 4^2000, cr ngrjain dg pake’ rmus yg prakts gmana y? Thanks ats pnjlsannx,…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s