jempol tangan sebagai variabel dan 4 jari lain nya sebagai konstanta

sedikit tentang variabel

variabel adalah besaran matematika yg dapat berubah nilai nya / tidak konstan

contoh sedikit deh

kalau 2a = 2 dikali a

a/4  = a di kali 1/4

variabel seperti pengganti dari beberapa oprasi

dan tanpa oprasi penghitungan atau pun variabel , angka tersebut tak kan hidup

pasti berjumlah itu itu mulu

nah kalo hubungan nya dengan jari

tanpa jari jempol kita tak kan bisa leluasa memain kan jari / menggenggam

jari yg lain itu di sebut tetap karna jika salah satu jari hilang tak kan pengaruh banyak

contoh dehperumpamaan aja

jempol lambang nya = a

telunjuk = 2 , tengah = 4 manis = 1 dan kelingking = 3

bila di gabungkan semua  2 x 4 x 1 x 3 x a = 24a

variabel kan bisa di ganti ganti angap aja a = 5 (24×5 = 120)

jika jari kelingking hilang

jadi nya 8a untuk menjadikan lagi hasilnya 120 variabel nya kita ubah menjadi a = 15

jadi 8 x 15 = 120 beres kan ??

misalkan jempolnya ga ada

tak akan ada jari yg bisa menggantikan jempol karna jari lain konstanta / tetap

jika jempol hilang hasil nya akan tetap 24 atau 12 atau 8 atau 6 atau 4 atau 3 atau 2 atau 1

sesuai dengan perkalian keempat jari tersebut

kaitan nya sedikit di matematika??

cobalah dalam kehidupan sehari hari

About these ads

3 gagasan untuk “jempol tangan sebagai variabel dan 4 jari lain nya sebagai konstanta

  1. Hai Hervind kamu kok pinter banget matematika! salut soalnya aku matematika di raport hampir merah terus. Hanya di kls 2 SMP nilanya 7 krn Bu Zaenab guru matematikanya asyik ngajarnya. Apa sih resep biar seneng dan gampang mempelajari matematika? Salam kenal kembali. Blogku di jendelakatatiti.wordpress.com Thanks!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s